Tanda Awal Kehamilan dan Masalah Pada Kehamilan

awal dan masalah kehamilan


Tanda Awal Kehamilan dan Masalah Pada Kehamilan harus di ketahui sejak dini karena banyak terjadi keguguran yang disebabkan ibu tidak mengetahui bahkan tidak bisa membedakan tanda awal kehamilan dengan datangnya menstruasi. Penyebab keguguran tersebut di karenakan ibu tersebut tidak sadar bahwa sedang hamil sehingga masih melakukan aktivitas fisik seperti biasa ataupun mengkonsumsi makanan yang dilarang saat kehamilan. Pada umumnya masyarakat awan melihat adanya kehamilan hanya berdasarkan karena tidak datangnya menstruasi padahal terjadinya keterlambatan menstruasi bisa di sebabkan karena beberapa faktor lain seperti stress, kecapekan, gangguan hormonal. Untuk itu wanita harus tahu tanda awal dalam kehamilan dan saat ini saya akan membahas lebih dalam tentang tanda awal kehamilan dan masalah pada kehamilan. 
Biasanya bila wanita sudah telat haid pada awal kehamilan maka rasa keinginan untuk buang air kecil akan meningkat karena terjadi peningkatan sirkulasi darah yang di sebabkan karena tekanan kandung kemih yang terus menekan rahim. untuk itu disarankan untuk minum 8 gelas perhari untuk menghindari terjadinya dehidrasi. 
Kehamilan akan membawa perubahan fisik, sehingga janin dapat bertumbuh dalam rahim. namun kehamilan juga seringkali disertai beberapa masalah kesehatan seperti rasa lelah, sakit pada payudara, morning sickness, sembelit, anemia, sakit punggung, kram kaki, infeksi saluran kemih, hemoroid, insomnia, gatal-gatal, bengkak pada kaki dan varises. Perubahan hormonal umumnya berperan terhadap timbulnya sebagian besar masalah-masalah ini. Tekanan akibat pembesaran rahim akan menyebabkan beberapa masalah seperti sembelit, sering berkemih, nyeri punggung, varises, bengkak pada kaki serta pergelangan kaki. Perubahan sirkulasi darah akan menyebabkan kram dan hemoroid. Wanita hamil juga mengalami emosi dan kegelisahan sehingga timbul gangguan tidur.

Tips Mengatasi Masalah pada Kehamilan 
  1. Konsumsi biskuit sebelum turun dari tempat tidur setelah bangun atau minum teh untuk menghindari terjadinya morning sickness
  2. Hindari makanan berlemak dan berbumbu serta makanan berat menjelang tidur malam 
  3. Memiliki ventilasi yang baik dalam rumah 
  4. Banyak minum air putih 
  5. Banyak konsumsi buah-buahan, sereal dan gandum 
  6. Hindari pemakaian hak tinggi, topang punggung dengan bantal waktu duduk di bangku 
  7. Berjalan kaki akan mengurangi kram pada kaki
  8. Beristirahat cukup dan kurangi pemakainan obat-obatan kecuali atas petunjuk dokter
  9. Lakukan olah raga ringan secara teratur untuk mengurangi bengkak pada kaki dan mencegah varises
  10. Konsumsi zat besi , buah dan sayur untuk mencukupi suplemen pada ibu hamil dan janin
  11. Konsumsi buah kurma sangat baik untuk ibu hamil 
  12. Jika terjadi gatal beri pelembab atau cream cair untuk mengurangi gatal 
  13. Menghindari varises dengan menghindari sembelit, tidak menahan buang air besar
  14. Jangan konsumsi obat-obat bebas kecuali atas peresepan dari dokter
  15. Kunjungi dokter secara teratur untuk selalu memeriksa kondisi kehamilan dan perkembangan janin
Pilihan terapi untuk ibu hamil biasanya berisi obat-obat anemia/ vitamin yang biasanya berisi vitamin B komplek dan zat besi kecuali ibu hamil menderita penyakit lain yang memerlukan penanganan khusus oleh dokter sebagai contoh ibu hamil memiliki tekanan darah 140/90 di sertai sakit kepala,bengkak, dan kenaikan BB tidak terkendali, di sini kemungkinan pasien menderita preklamsia atau bentuk hipertensi yang terkait atau tidak terkait dengan kehamilan sehingga perlu pengangganan khusus dan obat-obat tambahan untuk mengelola tekanan darahnya, dan masih banyak penyakit lain yang pastinya harus di tangani secara khusus.
Demikian artikel saya tentang Tanda awal Kehamilan dan Masalah Pada Kehamilan semoga bermanfaat.