Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kesuburan

manfaat buah kurma untuk kesehatan dan kesuburan

Manfaat buah kurma untuk kesehatan dan kesuburan mungkin tidak pernah kita sadari sebelumnya, yang kita tahu hanya sebatas bahwa buah kurma merupakan buah khas pada saat bulan puasa, tetapi di balik semua itu ternyata buah kurma memiliki khasiat yang luar biasa. Buah kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan keluarga arecaceae dalam sebuah penelitian di sebutkan bahwa buah kurma berasal dari wilayah sekitar teluk persia. Adapun kandungan dari buah kurma adalah Protein, glukosa, sukrosa, fruktosa, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, mineral, zat besi, Magnesium, kalium, vit A, Vit B, vit C, vit E, vit K, betakaroten, zink dll. Dengan kandungan nilai gizi tersebut dapat di pastikan buah kurma memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita.

Manfaat buah kurma untuk kesehatan antara lain adalah :
1.khasiat buah kurma untuk kesuburan. kurma yang bisa di gunakan untuk meningkatkan kesuburan adalah kurma yang masih muda karena menurut penelitian kurma muda mengandung hormon bitosin. hormon ini bekerja pada jaringan darah dan rahim khususnya berperan khusus untuk gerak peristaltik sehingga kurma di percaya dapat menghindari terjadinya pendarahan rahim. selain hormon bitosin buah kurma juga mengandung hormon oksitosin yang berfungsi untuk mempersiapkan tubuh wanita untuk melahirkan, merangasang susu untuk memberikan makanan pada bayi. hormon oksitosin merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama proses kelahiran.Buah kurma juga meningkatkan hormon dan kwalitas sperma pada laki-laki.

2. Sebagai Sumber Energi. kurma mengandung gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang mermanfaat untuk menambah energi secara cepat. Gula yang masuk kedalam tubuh akan di rubah menjadi glukosa, nah glukosa ini yang akan di serap tubuh kemudian akan menghasilkan energi. Kandungan gula yang tinggi akan menjadikan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa, inilah alasanya mengapa buah kurma di jadikan buah yang sangat cocok untuk santap saur ataupun buka puasa

3. Mengatasi Sembelit dan Memperbaiki Sistem Pencernaan.
kandungan serat yang ada di dalam buah kurma membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih baik sehingga bisa mengatasi gangguan seperti sembelit secara alami

4. Menjaga Kesehatan Jantung.  kurma mengandung mineral yang meningkatkan kesehatan jantung, secara umum mineral dapat membuat denyut jantung teratur, mengatur kontraksi otot dan berperan penting dalam menjaga tekanan darah. mineral yang terkandung dalam kurma kaya akan kalium dan rendah sodium sehingga sangat aman di konsumsi oleh penderita hipertensi karena kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot jantung, menjaga dinding arteri tetap elastis sehingga tekanan darah tetap terpelihara dengan baik.

5. Anemia Tingginya zat besi yang terkandung dalam buah kurma sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia, meningkatkan energi, mengurangi kelemahan dan kelesuan yang di sebabkan oleh anemia.

6. Memperkuat Tulang  Kandungan selenium, mangan, tembaga, Magnesium serta Kalsium membuat buah kurma mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis sehingga buah kurma ini sangat baik di konsumsi oleh anak-anak untuk masa pertumbuhan tulang atau orang tua untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Kontra Indikasi  
Karena kandungan Gula yang tinggi pada buah kurma maka tidak di anjurkan untuk penderita Diabetes ataupun orang yang sedang melakukan diet.

Demikian beberapa manfaat dari buah kurma. Semoga Bermanfaat.



2 comments:

Unknown said...

Nice info mba ririn. Walaupun blum ada isi nya, Jangan lupa mampir ke Blog saya
http://shafeya.mywapblog.com

Ririn susiana said...

semoga infonya berguna ya bund...