Perkalian Ribuan Tanpa Mesin Hitung

Perkalian ribuan tanpa mesin hitung, mungkin menurut anda sangat sulit di lakukan tapi akan beda jika anda mengetahui tips hitung yang akan saya sampaikan. Pelajaran Matematika menurut saya adalah pelajaran paling penting dalam mata pelajaran di sekolah karena dalam penerapan kehidupan sehari-hari kita akan di hadapkan untuk selalu berhitung. Terlebih dalam dunia 
kerja, dapat dibayangkan jika kita jadi seorang bos dan kita tidak bisa berhitung, kalau pegawai kita baik sich ga masalah, coba bayangkan kalau pegawai kita nakal bisa jadi setiap saat kita bisa dengan mudah di bohongi oleh pegawai kita, jadi jangan remehkan pelajaran berhitung.
Ketika kita mendengar kata Matematika yang ada di pikiran kita pasti males, bosan karena kerumitan untuk mengerjakannya, tapi akan lain ceritanya ketika kita memiliki cara jalan pintas tanpa harus pusing untuk menemukan jawaban soal-soal tersebut. Kali ini saya akan membahas cara perkalian 3 digit yang mudah di pahami dan dalam hitungan detik anda akan bisa menjawab soal matematika tersebut. Untuk para murid silahkan di pelajari dan untuk orang tua silahkan di lihat dan di bagikan ke anak-anak tercinta sehingga mereka akan semakin asyik dengan pelajaran matematika. 
1. Cara perkalian ribuan dengan rumus sederhana. untuk masuk perkalian ini di harapkan sudah paham untuk perkalian menggunakan jari agar nanti bisa lebih lancar dalam menjawab. 

 ketika kita lihat rumus tersebut mungkin terlihat rumit tapi ketika kita terapkan dan kita pahami akan menjadi sangat mudah, untuk itu langsung aja saya kasih contoh ya..

contoh :    545
                123  x
                67.035


berikut penjabarannya
* 5 X  3  = 15.  pada posisi satuan / paling belakang tulis angka 5. angka 1 di simpan sebagai D
*  (4 X 3) + (2 X 5) + 1  =  23. angka 3 letakkan di depan angka 5. angka 2 di simpan sebagai D
* (5 X 3) + (1 X 5) + (4 X 2) + 2 = 30. angka 0 letakkan di depan angka 3. angka 3 di simpan sbg D
* (5 X 2) + ( 1 X 4) + 3 =  17. angka 7 di letakkan di depan angka 0. angka 1 di simpan sebagai D
* ( 5 X 1 ) + 1 = 6. tulis angka 6 di depan angka 7


2.Selain cara di atas bisa di gunakan juga cara Menghitung ribuan dengan metode Garis
pada metode garis ini lebih baik di gunakan untuk angka-angka yang terdiri dari bilangan -bilangan kecil. misal 123, 211,111. karena jika terdiri angka-angka besar anda akan repot sendiri untuk membuat garis yang terlalu banyak.

3. Bilangan dari angka 11 sampai 99  jika di kalikan dengan angka 11 maka hasilnya untuk angka pertama dan terakhir sama dengan bilangan tersebut dan bilangan tengah nya merupakan penjumlahan dari bilangan pertama dan kedua.
Contoh   12 x 11 = 132
penjelasan : 12 x 11  pertama tama kita jawab 1_ 2. untuk angka di tengah hasil penjumlahan dari 1+2 = 3 jadi jawaban nya 132
silahkan latihan dengan angka-angka yang lain.

4. Perkalian dari angka 11 sampai 19 hasilnya untuk angka pertama merupakan penjumlahan dari bilangan pertama dengan angka kedua dari bilangan ke dua kemudia angka terakhir merupakan perkalian angka ke dua dari dua bilangan tersebut.
Contoh 13 x 12
pertama tama 13+2 = 15_
untuk angka ketiga perkalian 3 x 2 =  6
jadi jawabannya adalah 156   

contoh 16 x 12
16 + 2 = 18_
6 x 2 = 12
jadi jawabannya adalah  192
angka ke dua menjadi 9 karena hasil kali angka satuan 12 maka angka 1 sebagai puluhan di tambahkan angka 8.
Untuk sementara ini tips dari saya silahkan lakukan latihan-latihan menggunakan angka yang lain. Semoga Bermanfaat





No comments: