Perkalian Cepat dengan Metode Tabel

Perkalian cepat dengan metode tabel sangat mudah di terapkan dalam matematika untuk dapat melakukan hitung cepat tanpa menggunakan kalkulator. Untuk edisi kali ini saya akan membahas tentang cara perkalian termudah yang bisa di lakukan dalam hitungan detik walaupun untuk angka ribuan sekalipun. Cara ini sangat mudah karena kita cukup menghafal perkalian 1 sampai 10 atau pahami perkalian dengan jari maka anda lancar mengalikan angka ribuan bahkan ratusan ribu yaitu dengan metode tabel. Untuk anak yang masih sekolah silahkan di pahami dan untuk orang tua silahkan di ajarkan ke puta-putri tercinta agar mereka tertarik untuk mempelajari matematika lebih dalam lagi.
Berikut langkah- langkah nya:

perkalian cepat dengan metode tabel

I. Buat tabel seperti diatas. karena soal nya 52 x 36 maka pada atas tabel tulis tulis angka 5 dan 2 kemudian pada sisi kanan tabel tulis angka 3 dan 6. Kemudian pada kotak pertama ( area kuning ) tulis hasil kali dari  2 x 3 = 6 maka tulis hasilnya pada kotak area kuning angka 0 dan 6
II. pada  kotak ke dua ( area kuning ) tulis hasil kali dari 5 x 3 = 15 maka tlis hasilnya pada kota tersebut angka 1 dan 5.
III. Pada kotak ke tiga  tulis hasil kali dari 6 x 2 = 12 maka tulis angka 1 dan 2
IV. Pada kotak ke empat tulis hasil kali dari 5 x 6 = 30 maka tulis hasilnya angka 3 dan 0

dari hasil tabel IV akan jadi seperti di bawah ini

perkalian cepat metode tabel
tinggal kita jumlahkan hasil dalam kotak tersebut secara diagonal  maka di dapatkan hasil angka 2 sebagai satuan, angka 7 sebagai puluhan, angka 8 sebagai ratusan dan angka 1 sebagai ribuan. maka hasil kali dari 52 x 36 = 1.872.

Untuk contoh kedua kita akan mengambil angka ribuan. Berikut saya langsung mengisi kolom-kolom yang ada dan adapun langkahnya seperti contoh di atas tetapi ada sedikit perbedaan pada contoh ribuan pertama karena di dapatkan hasil 2 digit pada penjumlahan kolom-kolom tersebut, sehingga kita pakai sistem di simpan dan di tambahkan pada angka di depannya. untuk lebih jelasnya silahkan di lihat contoh berikut .

perkalian cepat metode tabel

dari contoh 123 x 561 kita buat tabel seperti contoh sebelumnya, setelah kolom terisi semua jumlahkan pada kolom diagonal yang ada. di sana dapat di lihat untuk angka satuan di dapat angka 3, kemudian pada puluhan dapat angka 10 maka kita tulis dulu angka 0 dan angka 1 di simpan untuk di tambahkan pada angka berikutnya. jadi pada angka ratusan pada penjumlahan di dapat angka 9 maka tambah simpanan 1 = 10 maka kita tulis angka 0 pada ratusan dan punya simpanan lagi angka 1. untuk angka berikutnya di dapat angka 8 tambah 1 angka yang tadi di simpan maka tulis hasilnya 9, dan angka berikutnya  ada angka 6 maka hasil dari 123 x 561 = 69.003.
Untuk contoh 212 x 122 kerjakan seperti contoh di atas.
Pelajari juga tips cepat hitung berikut
Pembagian cepat 
Perkalian Cepat Tanpa Kalkulator
Menghitung Bilangan Kuadrat Cepat

Demikian pembahasan perkalian metode tabel. semoga bermanfaat. 

No comments: